8 Tips dan Cara Mengatasi Bibir Kering saat Puasa Ramadan

Cara Mengatasi Bibir Kering saat Puasa - Ketika menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadan, tiba kamu harus menahan dahaga selama seharian. Cairan tubuh yang masuk ke tubuh kamu hanya sedikit dan menyebabkan badan kita lemas dan gampang ngantuk.
Selain itu, kamu akan merasakan bibir kamu sangat kering dan mungkin bisa sampai pecah-pecah. Walaupun bukan masalah yang besar, tapi untuk sebagian orang pasti sangat mengganggu keseharianmu.
Berikut ini cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa!

Cara Mengatasi Bibir Kering saat Puasa Ramadan

1. Minum Air Putih yang Cukup




cara mengatasi bibir kering saat puasa, tips agar bibir tidak kering saat puasa
Sumber Gambar: Health Line

Dengan kamu banyak meminum air putih saat sahur kamu akan mempunyai cadangan air dalam tubuh kamu, sehingga kamu akan terhindar dehidrasi pada siang harinya.
Tidak hanya saat sahur, ada baiknya kamu juga minum banyak air putih saat berbuka agar tubuh kamu juga mempunyai pencernaan yang lancar di dalamnya.
Sebagai masukan, saat baru berbuka atau akan makan, pastikan kamu meminum setidaknya satu gelas air putih. Kemudian minum satu hingga dua gelas air putih lagi setelah selesai makan. Ini akan membantu memperlancar metabolisme tubuh.

2. Kurangi Makan Gorengan dan Pedas




cara mengatasi bibir kering saat puasa, tips agar bibir tidak kering saat puasa
Sumber Gambar: NDTV Food

Gorengan dan pedas membutuhkan air yang banyak untuk meredakan minyak dan pedas. Badan kamu akan cepat merasa kering karena minyak dan gorengan. Jika badan kamu terasa kering pasti bibir kamu juga akan terasa kering dan pucat.

3. Konsumsi Madu




cara mengatasi bibir kering saat puasa, tips agar bibir tidak kering saat puasa
Sumber Gambar: Pexels

Madu adalah salah satu cara yang paling mujarab dan dipercaya efektif untuk mengatasi bibir kering saat berpuasa. Madu bisa dikonsumsi langsung atau bisa juga diolesi ke bibir.
Namun, untuk menghindari cairan madu membatalkan puasa, usahakan untuk mengolesi madu ke bagian bibir di malam hari, sebelum makan sahur dan setelah berbuka.
Jadi saat berpuasa di siang hari bibirmu bisa lebih terhindar dari rasa kering dan pecah-pecah.

4. Perbanyak Sayuran




cara mengatasi bibir kering saat puasa, tips agar bibir tidak kering saat puasa
Sumber Gambar: Food Recipes

Selama masa puasa tubuh kita akan secara alami akan mengalami detoksif atau membuang racun yang selama ini menumpuk. Memakan sayuran segar akan mengoptimalkan regenerasi pada tubuh kita.
Selain itu, dengan makan sayur kamu akan jarang mengalami bibir kering dan pecah-pecah karena kandungan ion dan air dalam sayuran tinggi.

5. Gunakan Lip Balm




tips dan cara mengatasi bibir pecah pecah saat puasa
Sumber Gambar: Themocracy

Tidak hanya untuk wanita, pria pun juga dapat memakainya karena akan membuat bibir kamu tampak alami dan tidak kering. Selain itu jugalip balm adalah salah satu perawatan untuk bibir kamu agar sehat.
Saat berpuasa, pilihlah lip balm yang natural tanpa perasa dan juga wewangian untuk menghindari makruh.

6. Hindari Menjilati Bibir




tips dan cara mengatasi bibir pecah pecah saat puasa
Sumber Gambar: American Society of Plastic Surgeons

Dengan kamu menjilati bibir kamu akan mengira bibir kamu akan terlihat basah dan tidak akan kering bukan? Semua itu salah, kenyataannya jika kamu terus-terusan menjilati bibir kamu dengan liur akan membuat bibir kamu kering.
Pada dasarnya bibir memiliki minyak alami untuk membuatnya tetap lembap. Namun, minyak alami ini akan hilang jika bibir sering dijilat. Hal inilah yang membuat bibir terlihat kering dan kusam.

7. Jangan Menggigiti atau Mengelupas Kulit Bibir




tips dan cara mengatasi bibir pecah pecah saat puasa
Sumber Gambar: Genevieve Magazine

Mengelupas kulit bibir yang halus dan tipis dapat menyebabkan rasa sakit dan bibir berdarah. Selain itu, dapat memperlambat proses pemulihan pada bibir. Pada saat puasa segalanya akan berjalan lambat pada proses penyembuhan karena tidak adanya asupan makanan yang cukup untuk mendukungnya.
Oleh karena itu, jangan pernah menggigit bibir kamu karena selain akan luka, dan akan dapat menambah pecahan pada bibir kamu.

8. Hindari Minuman Berkafein




tips dan cara mengatasi bibir pecah pecah saat puasa
Sumber Gambar: Reader’s Digest

Konsumsi minuman yang mengandung kafein bisa meningkatkan risiko bibir kering. Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopiteh, atau cokelat, dapat membuat kulit kering dari dalam.
Oleh sebab itu, kamu wajib menghindari minuman berkafein saat sahur dan berbuka puasa. Tidak hanya membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah, minuman tersebut juga dapat memperberat kerja sistem pencernaan.
Akibatnya, puasa seharian terasa tidak nyaman dan terganggu.
Bibir indah adalah dambaan semua orang. Di bulan puasa ini bibir akan lebih rentan kering dan pecah-pecah. Semoga tips tadi dapat membantu kamu untuk menghindari bibir pecah-pecah, sehingga kamu dapat menjalani hari-hari kamu dengan nyaman!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter

Belum ada Komentar untuk "8 Tips dan Cara Mengatasi Bibir Kering saat Puasa Ramadan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel